Sebaiknya Hindari 5 Sifat Buruk Ini Selama di Kantor…

0
61

MALANGVOICE – Dinamika sosial selalu ada, khususnya di kantor atau tempat kerja. Meski rumit, kita mungkin sudah melakukan hal tepat, tapi bisa juga tindakan itu malah membuat terasing, seolah tidak menghormati bos dan rekan kerja.

Ini dia tips ahli karir Kristen Lee Costa, seperti dilansir dari Fox Business (9/11).

1. Tidak Bersosialisasi

Sebaiknya, sesibuk apapun pekerjaan kita, luangkan waktu setidaknya 15 menit untuk minum kopi atau ngobrol. Banyak karyawan yang memang bekerja dari satu pertemuan ke pertemuan lain, atau tugas ke tugas lain. Sangat sedikit waktu untuk bebas, sehingga sebaiknya tinggalkan kebiasaan menolak ajakan makan siang, atau malas ngobrol dengan rekan kerja. Ingat, hubungan kerja yang ramah merupakan kunci perusahaan yang produktif dan sukses.

2. Anda Bereaksi Negatif Saat Ada Perubahan

Jangan marah jika bos memberikan tugas baru secara mendadak. Jangan pula frustasi jika mengerjakan sesuatu berdasarkan cara orang lain. Sifat kaku dan ‘saklek’ sebaiknya dihilangkan. Kita perlu tahu bahwa sesuatu bisa berjalan keluar dari keinginan. Sifat resistan hanya membuat kita kehilangan pekerjaan.

3. Gosip Gosip Gosip
Kita bisa dicap tidak loyal dan terkadang hal yang terucap bisa menjadi senjata makan tuan pada diri.

Gosip soal kantor memang menjadi topik seru, tapi ubah kebiasaan ini menjadi hal yang lebih positif daripada drama kantor.

4. Tak Malu untuk Mengutarakan Opini

Apakah ide untuk berdebat membuat kita senang? Apakah kita selalu menjadi orang yang berkomentar pertama saat rapat, bahkan menyela rekan kerja? Hati-hati dengan sikap ini.

Mungkin kita ingin menunjukkan sikap bergairah dengan pekerjaan. Tapi orang lain bisa menganggap kita terlalu konfrontatif.

5. Suka Mengeluh

Mudah mengeluh di tempat kerja nampaknya memang seperti solidaritas dengan rekan kerja lain. Tapi perilaku mencari simpati ini bisa jadi racun yang merusak reputasi. Jika telah menjadi orang terbiasa mengeluh, saatnya mengubah pola pikir. Lihat hal, misalnya proyek atau pekerjaan, sebagai hal positif.-