Sariawan? Obati dengan Bawang Putih!

0
260
Bawang yang sudah dihaluskan (anja)

MALANGVOICE – Stomatitis Aftosa atau sering disebut dengan sariawan merupakan gangguan kelainan yang muncul pada bagian selaput mulut berupa sebuah luka berwarna putih kekuning-kuningan. Sariawan ini dapat diderita oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Menurut seorang Dietitian di Perumahan Griya Santha, Amalia Achmad, penyebab umum sariawan karena kurang vitamin C. Selebihnya bisa jadi karena lidah atau bibir tergigit saat mengunyah atau berbicara sehingga menyebabkan luka. Meski tidak mematikan, sariawan sangat menganggu aktivitas apalagi saat makan dan berbicara.

Lia mengatakan, salah satu cara alami untuk mengobati sariawan adalah dengan bawang putih.

“Kandungan senyawa abrasif yang ada pada bawang putih mampu mengusir semua bakteri pada bagian ulkus (luka sariawan) lho,” katanya kepada MVoice.

Caranya mudah, ujar Lia. Siapkan 1-2 butir bawang putih segar yang sudah dikupas. Kemudian haluskan.

“Pastikan sudah sikat gigi terlebih dahulu supaya bersih dari sisa makanan. Lalu halusan bawang tadi ditempelkan di bagian luka selama 10 menit saja. Kalau sudah, kumur dengan air hangat sampi bersih,” paparnya.

Lia menambahkan, untuk mempercepat penyembuhan, lakukan metode tadi cukup rutin dua kali sehari. Jika perlu, konsumsi juga yoghurt, minuman kaya kandungan bakteri baik.

“Yoghurt selain bagus untuk pencernaan, bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Kalau tidak ada yoghurt ya konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C ya,” tuturnya.