Sampah Penuhi Drainase, Jalan Utara Alun-alun Batu Ditutup 3 Minggu

0
33
Petugas bersama warga membongkar drainase berisi satu truk sampah (fathul)

MALANGVOICE – Jalan Diponegoro, utara Alun-alun Kota Batu, bakal ditutup selama 3 minggu ke depan untuk pengerjaan gorong-gorong yang saat ini menyuplai sampah besar hingga membuat jalan rusak.

Saat ini petugas dari dinas terkait dibantu warga bekerja sama membersihkan sampah yang sebagian besar dari plastik, hingga 1 truk. Bau busuk menyengat langsung memenuhi udara sekitar Alun-alun.

Butuh beberapa waktu untuk mengeluarkan sampah dari gorong-gorong ini. Selain sampah, air di dalam gorong-gorong juga dikuras menggunakan dua pompa air agar tidak menjadi masalah yang sama saat hujan esok hari.

Kabid Bina Marga, Susilo Trymulyanto, menyatakan, pihaknya akan membongkar drainase di sisi utara Alun-alun itu dan diperbaiki. “Ya perkiraan butuh waktu 3 minggu untuk mengerjakan ini, akan kami tutup total jalannya,” ungkap Susilo.

Hal paling urgen dalam pembangunan drainase ini adalah membuat terminal block dan tangkapan air. Lalu mencari pembuangan akhir aliran air dalam gorong-gorong sehingga tidak terjadi luapan lagi.

“Pilihannya, kita bangun buangannya ke Jalan Bromo. Jadi pembangunannya bakal crossing nanti. Dananya pakai swakelola, sudah ada di dinas, jadi nggak nunggu 2016,” tandasnya.