Sampah Berbuah Rupiah, Usaha KKN 120 UMM Kembangkan Kreativitas Warga Ngajum

0
6
KKN 120 UMM Kembangkan Kreativitas Warga Ngajum
KKN 120 UMM Kembangkan Kreativitas Warga Ngajum

MALANGVOICE – Kelompok 120 Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Malang bersama pengurus Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Ngajum gelar seminar bertajuk “Sampah Berbuah Rupiah”.

Seminar yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang anggota PKH ini bertujuan untuk memberikan motivasi pada masyarakat agar tergerak untuk menciptakan kreasi wirausaha kreatif.

Panitia penyelenggara turut menghadirkan seorang pembicara yang merupakan creativepreneur muda, Ghea Safferina Adany. Tidak hanya menghadirkan pembicara sebagai motivator, seminar  yang diadakan di Aula Kantor Balai Desa Ngajum ini juga mengadakan demo pembuatan karya berbahan dasar koran bekas.

Peserta yang semuanya ibu rumah tangga ini sangat antusias mengikuti jalannya seminar. Beberapa pertanyaan dilontarkan kepada pemateri. Banyak dari mereka yang memberikan pertanyaan mengenai strategi pemasaran. Pasalnya, selama ini banyak warga penerima dana PKH yang sudah berani memulai usaha kreatif namun mengalami kendala pada proses pemasaran.

Ghea memberikan peluang bagi mereka yang ingin memasarkan hasil karyanya. Bak gayung bersambut, peserta merespon positif penawaran tersebut.

Ainur Rofiq, pendamping PKH Kecamatan Ngajum mengatakan, mendatang pihaknya akan lebih sering mengadakan seminar serupa.

Sebagai perwakilan pengurus PKH Rofiq mengutarakan respon positif pada KKN 120 UMM selaku panitia. Selain mendapatkan ilmu secara cuma-cuma, warga Ngajum juga mendapatkan peluang untuk menjadi masyarakat Kabupaten Malang yang lebih mandiri.