Sambangi Kampoeng Ornament Tjelaket, Gus Ipul Terpukau

0
12
Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, mengunjungi Kampoeng Ornament Tjelaket. (Muhammad Choirul)
Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, mengunjungi Kampoeng Ornament Tjelaket. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Saifullah Yusuf, terkejut ketika mengetahui keberadaan Kampoeng Ornament Tjelaket di kawasan Kelurahan Rampal Celaket. Hal itu diakuinnya ketika berkunjung ke International Celaket Cross Culture Festival (ICCCF) 2016, Selasa (25/10).

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini tak bisa menyembunyikan kekagumannya. “Saya sangat terpukau. Saya kira di Malang hanya ada kampung warna-warni, ternyata ada juga yang seperti ini,” katanya.

ipul2

Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata kreativitas ini dilaksanakan secara swadaya. Sejumlah warga dengan inisiatif menyulap kawasan ini menjadi begitu indah. Sejumlah tembok diberi motif batik dari berbagai daerah di Nusantara.

“Saya siap bantu, saya akan sumbang Rp 5 juta pakai uang pribadi saya. Ini inovasi luar biasa yang patut diapresiasi,” ungkapnya.

Kampoeng Ornament Tjelaket sendiri memang terhitung baru. Salah seorang inisiator, Erton ‘Gajah’, memaparkan, ide penggarapan kampung ini berawal dari cangkrukan.

ipul3

“Kami para seniman yang sebelumnya merantau, kebetulan kembali dan membahas ingin buat sesuatu yang baru,” tandasnya.

Penggarapannya kurang lebih baru dimulai sepekan lalu. Saat ini, baru Celaket Gang I yang sudah terjamah. Dia merencanakan, pengecatan ornamen batik bakal terus dilaksanakan hingga di seluruh kawasan Celaket.

“Kami menonjolkan ornamen batik dari seluruh Nusantara. Saat ini yang sudah baru Kalimantan dan Jawa. Kami ingin membuat sesuatu yang khas Indonesia agar bisa mendunia. Karena itu ke depan saya juga berharap dukungan Pemkot Malang,” tandasnya.