Sakit Tak Kunjung Sembuh? Coba Terapi dengan Air Panas Songgoriti

0
18
Susanti saat terapi air panas Songgoriti di dekat candi (fathul)

MALANGVOICE – Air panas Songgoriti dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang tidak dapat diatasi di pengobatan umum. Kebanyakan orang datang berobat karena putus asa dengan pengobatan di luar.

Juru kunci, Haryoto, mengatakan, sumber air panas songgoriti menjadi alternatif pengobatan bagi warga yang percaya. Jika tidak percaya, maka Haryoto menyarankan agar tidak usah terapi ke sana.

“Namanya berobat itu kan yang penting percaya, mantap, kalau ke dokter kan juga demikian. Harus percaya dengan dokternya,” ungkap Yoto, panggilan akrabnya, kepada MVoice beberapa menit lalu.

Saat MVoice ke sana, seorang ibu bernama Susiati juga sedang terapi. Ia merendam kakinya di bak yang sudah diisi air panas. Sementara suaminya, terus menuangkan air panasnya ke bak hingga tumpah-tumpah.

Itu mereka lakukan sesuai petunjuk dari Yoto, si juru kunci. Susiati sendiri mengalami sakit bertahun-tahun namun tidak sembuh. Bahkan ia datang ke rumah sakit, menginap, hingga pulang lagi namun tidak perubahan.

“Bahkan alat deteksi jantung dipindah-pindah namun tidak ada yang didapat. Kata dokter nggak ada sakit apa-apa, tapi saya sering pingsan juga. Jadi sekarang nyoba terapi di sini,” tambah warga Sisir, Kecamatan Batu itu.

Usai terapi pertama itu, Yoto menyarankan agar sekeluarga melakukan tumpengan di rumahnya dengan menyediakan berbagai macam jalanan pasar. Termasuk ayam satu ekor dalam tumpengan nasi kuning itu.

“Semua ada maksudnya, yang penting itu dilakukan agar rezekinya banyak dan sebagainya,” sambung Yoto.

Sudah tak terhitung banyaknya pasien yang sembuh dengan cara terapi air panas songgoriti. Jika ada yang sakitnya parah, ia minta juga tinggal di sana karena butuh perlakuan khusus. Bahkan orang Papua juga pernah terapi sampai sembuh di sana.