Sakit, Dua Pendaki Gunung Panderman Dievakuasi

0
2
Evakuasi pendaki sakit di Gunung Panderman. (istimewa)

MALANGVOICE – Dua pendaki dievakuasi dari Gunung Panderman dan Gunung Butak, Kota Batu, karena sakit, dini hari tadi. Mereka adalah Yusron, dari SMK Telkom Malang, dan Lucky, anggota pecinta alam di Surabaya.

Data yang dihimpun MVoice dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Batu, Yusron mengalami hypotermia atau kedinginan akut, sementara Lucky kakinya terkilir sehingga tidak bisa jalan.

Mereka dievakuasi setelah dua orang teman pendaki melapor ke pos pendakian, kemarin sore. Sekitar pukul 18.00 WIB, tim dari BPBD dan masyarakat setempat melakukan perjalanan selama 4 jam ke lokasi. Dini hari tadi, mereka berhasil dievakuasi ke pos pendakian.

Dua kelompok melakukan pendakian ke Gunung Panderman dan Gunung Butak, Sabtu (14/11). Satu tim berjumlah 17 orang mahasiswa gabungan beberapa kampus dari Surabaya, dan tim lain 15 siswa SMK Telkom Malang.

Mereka start pendakian dari Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Lalu mendirikan camp hari itu juga di atas gunung. Hari Minggu (15/11) kemarin, saat hendak turun, dua pendaki mengalami sakit.

“Sekarang awal musim hujan jadi pendaki kami minta hati-hati. Kadang cuaca tidak menentu sehingga menyebabkan sakit. Untung kemarin pendaki segera melapor sehingga evakuasi bisa dilakukan dengan cepat,” kata staf BPBD Batu, Ismu Buhana kepada MVoice, melalui selulernya.-