River Tubing, Wisata Menantang di Sungai Amprong, Poncokusumo

0
645
Keseruan wisata river tubing

MALANGVOICE – Malang memiliki kekayaan alam istimewa dan potensi wisata menarik. Di kecamatan Poncokusumo misalnya, terdapat wisata alternatif baru di sungai Amprong yaitu River Tubing Sedaer.

River tubing sedaer
River tubing sedaer

Sungai Amprong, anak sungai Brantas, menjadi lokasi tepat untuk aktivitas wisata river tubing karena kondisi lingkungan dan pemandangan yang bagus. Begitu juga, karakter sungainya sangat pas untuk arung jeram.

Tenang saja, ada guidenya
Tenang saja, ada guidenya

“Disini, masyarakat banyak yang memilih berkebun. Masih belum ada yang mau menjadi inovator wisata. Padahal potensi wisata di sini banyak lho. Ada air terjun, coban, bunga krisan, petik apel, dan jeruk. Sayangnya tidak terkelola. Potensi agrowisata belum dikembangkan,” papar pengelola, Suvia Rahma kepada MVoice.

Riber tubing adalah wisata minat khusus (adventure) yang mirip dengan rafting (arum jeram). Hanya saja aktivitasnya dilakukan lebih personal menggunakan ban (donut ban).

Meski basah asal seru
Meski basah asal seru

“Kita pakai ban dalam truk karena lebih kuat dan aman. Kita beri pegangan,” tambahnya.

Dijelaskan Suvia, pengamanan river tubing lebih ketat daripada arum jeram karena wisatawan harus mengendarai ban sendirian mengarungi sungai. Pengalaman mengarungi sungai juga lebih menantang.

“Kalau arum jeram kan ada pemandunya di dalam perahu ikut mengendalikan perahu. Kalau river tubing ya mereka sendiri yang mengendalikan ya. Otomatis pengamanannya lebih ketat. Pemandu ditempatkan di lokasi-lokasi khusus di dalam air. Kita bertugas menjaga wisatawan untuk tetap senang meski terjatuh,” paparnya.

Pose dulu mas
Pose dulu mas

Untuk itu, sebelum memulai aktivitas, wisatawan harus mendengarkan briefing secara detail. Selanjutnya satu -persatu peserta mengarungi sungai Amprong sejauh 2 km dengan durasi kurang lebih 2 jam.

Tertarik dengan wisata river tubing, kunjungi saja websitenya di republikadventures.wordpress.com