Ringankan Beban Nelayan Saat Mendarat, Ini yang Dilakukan DKP

0
3
Kepala DKP Kabupaten Malang, Nasri.

MALANGVOICE – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang berencana membangun dua dermaga di wilayah pesisir pantai, tepatnya di Jatisari dan pantai Kondang Merak untuk melengkapi pelabuhan di Sendang Biru.

Kepala DKP Kabupaten Malang, Nasri, mengatakan, dua dermaga itu dibutuhkan, karena dari total produksi ikan tangkapan sebesar 11 ribu ton per tahun, 6.000 ton mendarat di Sendang Biru, sisanya tersebar disepanjang 102 km pesisir pantai Kabupaten Malang.

“Selama ini nelayan yang tidak merapat di dermaga Sendang Biru, mendaratnya langsung di pasir kemudian turun ke air dan ikan dipikul. merepotkan, sehingga keberadaan dermaga praktis dibutuhkan,” urai dia.

Saat ini pengajuan pembuatan dermaga sudah dikirim ke DKP Provinsi dengan anggaran yang diajukan sebesar Rp 15 miliar per lokasi. “Nantinya selain dibangun dermaga, juga akan dibangun TPI sebagai fasilitas pendukung,” imbuhnya.

Selain pengajuan pembuatan dermaga, DKP juga mengajukan modernisasi pelabuhan Sendang Biru dari status saat ini pelabuhan tangkapan menjadi pelabuhan nusantara. Perubahan status itu memungkinkan perahu dengan tangkapan di atas 30 ton bisa merapat di Sendang Biru.