Ridwan Hisjam: Pendidikan Vokasi Penting di Era Globalisasi

0
91
Ridwan Hisjam di Poltekom (anja)

MALANGVOICE – Globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan pesatnya laju perkembangan teknologi khususnya teknologi dan informasi. Oleh karena itu, menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam, pendidikan vokasi punya peran penting menyiapkan SDM yang mandiri dengan kompetensi berdaya saing global.

“Pendidikan vokasi dianggap perlu karena menekankan pada pendidikan yang menyesuaikan dengan permintaan pasar (deman driven). Ketersambungan dan kecocokan antara pemberi dan penerima kerja menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan vokasi,” kata Ridwan kepada MVoice seusai acara Dies Natalies di Politeknik Negeri Malang siang ini.

Dijelaskan, pendidikan vokasional merupakan pendidikan untuk penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang mempunyai nilai ekonomis sesuai kebutuhan pasar.

Agar pendidikan vokasional tepat sasaran maka kompetensi pendidikan harus merujuk pada kualifikasi setiap pekerjaan.

Saat ini program pendidikan vokasi menjadi perhatian pemerintah khususnya Pendidikan Tinggi berdasarkan Undang-Undang no 12 tahun 2012. Disebutkan, bahwa universitas dan institut dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi jalur akademik vokasi dan profesi.