Ridwan Hisjam Gelar Dialog bersama Guru se Malang Raya

0
129
Dialog Bersama Guru di Malang Raya
Dialog Bersama Guru di Malang Raya

MALANGVOICE – Pimpinan Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam, sore ini menggelar dialog dengan ratusan guru se Malang Raya dengan tema ‘optimalisasi peran guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013’.

Para guru yang datang dalam momen penting ini tidak saja berasal dari kawasan perkotaan, tapi juga kabupaten, seperti daerah Sumber Pucung, Kabupaten Malang dan sekitarnya.

Selain itu, kehadiran pimpinan Politeknik Kota Malang (Poltekom) juga menambah acara lebih bermakna, karena saat ini kampus tersebut menawarkan beasiswa bagi warga tidak mampu yang ingin kuliah dengan program bidik misi.

Ridwan Hisjam, menjelaskan perihal dinamika perubahan anggaran untuk pendidikan dalam Anggaran Pendaptan Belanja Nasional Perubahan (APBNP) tahun ini.

“Ada penurunan anggaran di Kemendikbud, dan saya selaku wakil rakyat terus memperjuangkan hal itu,” kata Ridwan Hisjam, beberapa menit lalu.

Menurutnya, pendidikan sebagai tonggak suatu bangsa harus mendapatkan perhatian yang serius dari semua pihak, karena itulah Ridwan terus berjuang dalam memperjuangkan anggaran untuk pendidikan tersebut.

“Awalnya anggaran pendidikan dipotong Rp 5 triliun, saat ini setelah kita perjuangkan berhasil dipertahankan Rp 1 triliun,” tukasnya.

Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anas M Adam, mengatakan, guru merupakan posisi yang sentral dalam dunia pendidikan, karena itu saat ini syarat menjadi guru diperketat dengan model sertifikasi. “Saat ini tanpa sertifikat pendidik tidak bisa lagi,” kata Anas M Adam.

Ia menambahkan, dengan adanya sertifikasi guru, maka diharapkan bisa berdampak kepada kualitas pendidikan yang bagus dan memadai. “Karena itu guru harus meningkatkan kualitas diri,” tukasnya.