Ridwan Hisjam: Disbudpar Harus Lestarikan Situs Sejarah Singosari

0
39
Anggota DPR RI, Ridwan Hisjam

MALANGVOICE – Anggota DPR RI dari Komisi X, Ridwan Hisjam, mengimbau Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang agar bisa mengangkat situs sejarah di Singosari-Singaraja menjadi tempat wisata sejarah.

Ia menegaskan, jika lokasi sejarah itu dikelola dengan baik dan benar, akan berdampak positif bagi wisatawan, sekaligus upaya memelihara sejarah budaya Indonesia.

“Disbudpar Kabupaten Malang ini memiliki tanggung jawab yang besar,” kata Ridwan, melalui rilis yang diterima MVoice, beberapa menit lalu.

Politisi Golkar itu menjelaskan, praktik kebudayaan nasional tidak lepas dari kondisi histori dan sosial, karena itu masyarakat mengenal adanya ‘babad’, ‘serat’, ‘wawacan’ dan sebagainya.

Eksplorasi jejak histori, lanjut Ridwan, memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pemahaman dan kesadaran nilai terkair kearifan kultural.

“Kesadaran akan sejarah dan budaya dapat dianggap sebagai usaha mewariskan nilai berharga peninggalan nenek moyang kepada generasi penerus,” tukasnya.

Ia berharap, mendatang ada ketentuan peraturan yang detil membahas masalah nilai sejarah kebudayaan, sehingga antara pemerintah dan masyarakat bisa memiliki tanggung jawab bersama.