Ridwan Hisjam: Bangsa Indonesia Harus Kuatkan Komitmen Nasionalisme dan Patriotisme

0
59
Anggota MPR RI, Ridwan Hisjam
Anggota MPR RI, Ridwan Hisjam

MALANGVOICE – Anggota MPR RI, Ridwan Hisjam, mengatakan, saat ini rasa nasionalisme dan patriotisme dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menjaga kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa serta negara.

Ia menegaskan, salah satu semangat yang dimiliki para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila adalah semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi ataupun golongan.

Dalam menggelorakan semangat itulah Ridwan Hisjam menggelar Dialog Kebangsaan Empat Pilar di aula hotel Atria dengan beberapa narasumber seperti Bambang Setyadin, dosen Universitas Negeri Malang, dan Drs. Achmad Fauzi Hasyim dari Dewan Pendidikan Kabupaten Malang. Acara yang digelar Minggu (21/8) itu juga merupakan refleksi HUT Kemerdekaan ke-71 tahun Indonesia.

Ridwan menegaskan jika komitmen merupakan sikap dan perilaku yang ditandai oleh rasa memiliki, memberikan perhatian, serta melakukan usaha untuk mewujudkan harapan dan cita-cita dengan sungguh-sungguh.

Para pendiri negara, masih kata Ridwan, dalam perumusan Pancasila memiliki komitmen seperti halnya memiliki semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme. “Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia Pendiri negara dalam merumuskan Pancasila dilandasi oleh rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia,” tukasnya.

Oleh karena itu, nilai-nilai yang lahir dalam Pancasila adalah nilai-nilai yang berasal dari bangsa Indonesia sendiri dan diharapkan selalu bersemangat dalam berjuang mengisi kemerdekaan.

“Seperti Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan para pendiri negara lainnya yang mengalami cobaan dan tantangan perjuangan yang luar biasa. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta berkali-kali dipenjara oleh Belanda. Namun, dengan semangat perjuangannya, para pendiri negara tetap bersemangat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” bebernya.

Ridwan Hisjam yang juga anggota Komisi X DPR RI ini tidak lupa memberikan pesan agar bersama-sama meneguhkan dan menguatkan kembali komitmen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Komitmen berbangsa dan bernegara bagi generasi muda utamanya bisa dilakukan dengan berkomitmen untuk mempersiapkan dan mewujudkan masa depan yang lebih baik. Masa depan Indonesia yang mampu mensejahterakan rakyatnya dengan kerja dan karya nyata,” pungkasnya.