Rewel saat Makan, Orangtua Harus Perbaiki Pola Makan Anak

0
255
Makan tidak habis tidak masalah (ist)
Makan tidak habis tidak masalah (ist)

MALANGVOICE – Jika anak Anda rewel makan atau pilih-pilih makanan, mungkin ada kesalahan orangtua dalam pola memberi makan anak.

Seorang ahli Gizi Klinik di jalan Bromo, Astuti Witjaksono, menjelaskan orangtua sebaiknya tidak memaksa anak menghabiskan makanannya. Biarkan anak-anak makan sampai dia merasa cukup.

“Tidak habis tidak masalah. Tapi yang terpenting siapkan makanan sehat bernutrisi. Urusan porsi secukupnya saja. Kalau anak merasa kenyang tidak habis ya jangan dipaksa,” katanya saat dihubungi MVoice.

Selain itu, orangtua harus mengemas makanan anak menjadi lebih menarik. Bisa berupa bento box, atau kotak bekal makanan ala Jepang.

“Misalkan wortel bisa dipotong-potong atau dicetak mirip bunga. Banyak sekali referensi cara mengkreasikan makanan menarik di internet. Orangtua bisa mencoba itu,” katanya.

Kalau misalkan si anak malas makan buah, orangtua bisa mensiasatinya dengan membuat jus buah. Namun jangan terlalu banyak menambahkan susu atau gula.

Dia menambahkan, ketika anak sudah memasuki usia satu tahun, kenalkan pada makanan bertekstur. Biarkan anak mulai bereksplorasi dengan segala jenis makanan.