Revitalisasi Museum Mpu Purwa Butuh Rp 5 Miliar

0
15
Ida Ayu Made Wahyuni
Ida Ayu Made Wahyuni

MALANGVOICE – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan, revitalisasi Museum Mpu Purwa di Jalan Soekarno – Hatta membutuhkan anggaran Rp 5 miliar.

Menurut Ida Ayu, pihaknya sudah mengajukan anggaran kepada kementerian dan telah mendapat sinyal positif akan segera dicairkan. “Bangunan yang masih kurang adalah kantor operasional dua lantai dan tata pamer,” kata Ida Ayu.

Anggaran untuk tata pamer yang diajukan ke pusat sebesar Rp 3 miliar, sedangkan pembangunan gedung dua lantai membutuhkan dana Rp 2 miliar.

Khusus tata pamer, Ida menjelaskan, berbeda dari sebelumnya, menggunakan berbagai teknologi, show case, hollow box, diorama dan sebagainya, tata pamer akan lebih memanjakan para pengunjung yang datang ke museum.

“Saat ini Museum Mpu Purwa punya 212 koleksi yang nanti akan diatur dengan tata pamer yang baik,” tandasnya.

Selain itu juga dilengkapi televisi yang akan dipasang di tembok, sehingga masyarakat bisa mengerti sejarah dan asal usul salah satu arca. “Koleksi kami ada Arca Brahma, Siwa dan sebagainya itu nanti akan kita tempatkan dalam suatu show case yang bisa berputar sendiri,” tegasnya.

Selama masa pembangunan, beberapa arca dititipkan kepada juru rawat Trowulan yang merupakan kepanjangan tangan dari kementerian.