Resmi Dibuka Presiden, Jatim Start dengan 8 Emas

0
40
Seremonial pembukaan PON XIX/2016 di Jawa Barat berlangsung meriah. (Ist)

MALANGVOICE – PON XIX/2016 di Jawa Barat (Jabar) resmi dibuka Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (17/9) malam. Seremonial pembukaan yang dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu berlangsung meriah, dengan berbagai rangkaian define kontingen, pentas seni, hingga pesta kembang api.

Dalam sambutannya, Jokowi menilai, ajang ini merupakan momentum menggalakkan kompetisi olahraga tingkat nasional. Dikatakannya, kompetisi bisa dimulai dari tiap kampung, kecamatan, hingga kota, sebelum masuk fase nasional.

“Dengan begitu bisa terjaring atlet-atlet berprestasi, yang nantinya jadi andalan Indonesia di ajang internasional,” kata mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pada PON kali ini, 44 cabor dipertandingkan dengan 756 nomor lomba. Terkait venue pertandingan, ada 62 lokasi tersebar di 16 kabupaten/kota se-Jabar. Gubernur Jabar yang sekaligus Ketua Umum Panitia Besar (PB) PON XIX/2016, Ahmad Heryawan, mengaku bersyukur sejauh ini tidak ada masalah berarti dalam persiapan.

“Sebagai tuan rumah, ini merupakan sebuah kehormatan, tantangan, dan tanggung jawab. Kami akan jalankan amanah ini sebaik-baiknya,” kata Aher, sapaan akrabnya.

Sementara itu, kontingen Jawa Timur (Jatim) sendiri start dengan perolehan 8 medali emas ketika even ini resmi dibuka. Sampai saat ini, Jatim menduduki posisi ke-3 daftar perolehan medali sementara. Selain 8 emas, Jatim juga mengoleksi 18 perak dan 16 perunggu.

Hasil itu didapat dari sejumlah cabor yang sudah mulai dipertandingkan beberapa hari lalu, sebelum PON XIX/2016 resmi dibuka. Selam menyumbangkan 6 emas, 2 sisanya didapat dari cabor renang.