Resmi Dibuka, Festival Mbois Diharap Picu Kreativitas Pemuda

0
7
Sekda Kota Malang, Idrus Achmad, membuka Festival Mbois di Malang Digital Lounge. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Festival Mbois resmi dibuka Sekda Kota Malang, Idrus Achmad, di Malang Digital Lounge, Kamis (3/11). Even yang berlangsung hingga 10 Desember mendatang ini, dipusatkan di tiga lokasi, yakni Malang Digital Lounge, MX Mall, dan Graha Cakrawala.

Dalam sambutannya, Idrus Achmad menilai, peran industri kreatif amat penting bagi pertumbuhan ekonomi Kota Malang. “Kota Malang bukan kota tujuan utama destinasi wisata, tapi kota singgah. Karena, itu perlu banyak kreativitas anak muda,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Idrus banyak bercerita pengalamannya semasa muda. Sejumlah proses kreatif ketika masih mahasiswa dipaparkan, untuk memotivasi para pelaku kreatif.

“Kegiatan ini semoga tidak berhenti di sini, tapi juga mampu mendorong komunitas-komunitas yang bergerak di industri kreatif lebih terpacu semangatnya,” paparnya.

Festival Mbois sendiri, meliputi beragam kegiatan, salah satunya workshop peningkatan kompetensi teknis pelaku industri kreatif sub sektor kriya, desain komunikasi visual, game, musik, fashion, dan seni pertunjukan.

Selain itu, juga ada forum presentasi bisnis (Pitch Day) pelaku industri kreatif rintisan sebagai sarana peningkatan akses permodalan usaha, dan masih banyak kegiatan lain.

“Saat ini, kreativitas anak-anak muda di Kota Malang jauh lebih bagus dari Surabaya. Ini luar biasa, karena itu potensinya harus dimaksimalkan karena peluang usaha baru juga banyak bermunculan,” pungkas Idrus.