Rendra: Layanan Puskesmas Harus 24 Jam

0
74
Rendra saat menandatangani prasasti peresmian Puskesmas BLUD.jpg

MALANGVOICE – Bupati Malang, Rendra Kresna, seminta seluruh Puskesmas di Kabupaten Malang membuka pelayanan 24 jam, bukan hanya pintunya saja yang dibuka, namun juga pelayanannya.

“Saya harap Puskesmas seluruh kabupaten harus layani 24 jam. Yang buka bukan pintunya saja, tapi pelayanannya,” tegas Rendra saat pencanangan Puskesmas BLUD Turen.

Penegasan ini disampaikan Rendra, pasalnya ia mendapati ketika ada pejabat eselon dua mengalami gangguan kesehatan saat ke pantai dan dirujuk ke Puskesmas terdekat, yaitu Puskesmas Gedangan, ternyata tidak ada dokter yang bertugas. Pejabat yang bersangkutan terpaksa harus menunggu selama dua jam sebelum mendapatkan penanganan medis.

“Ini seharusnya nggak boleh terjadi. Mana ini Kepala Puskesmas Gedangan? Kepala Dinas Kesehatan harus mengatasi hal seperti ini,” kata Rendra.

Ia melanjutkan, derajat kesehatan warga Kabupaten Malang meningkat setiap tahun. Kondisi tersebut bukan murni karena program pemerintah tetapi juga ditopang kebersamaan masyarakat yang menjadi elemen penting untuk menyukseskan program pemerintah.

“Sebagai contoh, jika terjadi kejadian gawat darurat. Dokter tidak akan bisa menangani jika tidak bisa dibantu tim yang cakap. Begitu pula sebaliknya atau tidak mungkin berhasil jika masyarakatnya tidak berinisiatif melakukan tindakan percepatan agar ditangani secara medis,” urai dia.