Rendra Ajak Gapoktan Maksimalkan Potensi Daerah

0
75
Bupati Malang, Rendra Kresna saat menyerahkan bantuan bibit ke salah satu Gapoktan. (miski/malangvoice)

MALANGVOICE – Bupati Malang, H Rendra Kresna, mengajak Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) agar memaksimalkan potensi daerahnya.

Hal tersebut disampaikan dalam acara evaluasi dan pembinaan bagi Gapoktan penerima PUAP, di Pendopo Malang, Sabtu (15/8) ini.

Menurutnya, peran serta Gapoktan dalam meningkatkan produktifitas pertanian sangat vital. Timbal baliknya, kesejahteraan petani otomatis meningkat. “Kami support untuk modalnya, tugas bapak dan ibu meningkatkan hasil pertanian,” katanya, beberapa menit lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, mengakui ada 200 Gapoktan yang mendapat bantuan dana. Masing-masing Gapoktan mendapat Rp 100 juta.

“Sejak 2008 program ini bergulir, dan semua Gapoktan menunjukkan kemajuan pesat,” ungkapnya.

Pengembangam Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) jelas dia, memiliki tiga tujuan yakni penguatan modal bagi petani, disalurkan secara langsung dan dikelola langsung oleh petani, dan upaya meningkatkan taraf hidup petani.

“Kabupaten Malang adalah sentra pertanian, hampir masyarakatnya bekerja sebagai petani. Potensi ini yang dimaksimalkan pemerintah,” tandasnya.-