Rekrutmen 45 Personel Satpol PP Batu Tunggu PAK

0
304
Kasatpol PP Batu, Robiq Yunianto.(Miski)
Kasatpol PP Batu, Robiq Yunianto.(Miski)

MALANGVOICE-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu, kekurangan personel. Rencana merekrut personel mendapat sinyal dari Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

“Jika memang mendesak, ya silakan. Tapi, jangan langsung 90 orang. Untuk sementara separuhnya disesuaikan dengan anggaran,” kata dia, saat Coffe Morning, di Balai Kota Among Tani, Senin (22/8).

Personel yang direkrut nantinya harus memiliki kemampuan, baik cara berkomunikasi, berpenampilan, dan memahami tugas-tugasnya sebagai Satpol PP.

“Satpol harus punya standar persyaratan, supaya personel yang direkrut benar-benar mumpuni. Jangan asal-asalan yang direkrut,” jelas suami Dewanti Rumpoko ini.

Kasatpol PP, Robiq Yunianto, mengatakan, kebutuhan personel tambahan sangat mendesak. Selama ini baru memaksimalkan yang ada, yakni 67 personel.

Tidak hanya bertugas sebagai penegak Perda, melainkan pengamanan objek vital, pelaksanaan Linmas, Pamwal, penjagaan di Kantor Wali Kota, Rumah dinas Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Gedung DPRD, menjadi tanggung jawab Satpol PP.

“Butuh tenaga lepas untuk membantu tugas-tugas Satpol. Belum lagi pendisiplinan pegawai,” katanya.

Pihaknya akan meriview rencana awal penambahan personel dari 90 menjadi 45 orang, disesuaikan dengan saran wali kota.

Namun, rencana tersebut bisa dilaksanakan apabila di PAK anggarannya disetujui dan dimasukkan Tim anggaran (Timgar).

“Saya tidak dapat menjanjikan. Sangat bergantung di PAK. Jika benar terealisasi, nanti dari 45 orang, 15 di antaranya perempuan,” tandas dia.