Refleksi Ultah ke-102; Ini PR Pemkot di Bidang Pembangunan

0
38
Ketua Komisi C, Bambang Sumarto

MALANGVOICE – Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto, mengatakan, ada banyak pekerjaan rumah (PR) Pemkot Malang, terutama di bidang pembangunan, salah satunya peningkatan jalan yang tahun ini mendapat anggaran dari APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Fokus pembangunan tahun ini adalah peningkatan jalan, itu harus dilakukan, karena anggarannya sudah ada,” kata Bambang kepada MVoice.

Menurut dia, pengaspalan jalan sebaiknya tidak hanya dilakukan pada jalan raya saja, tapi menyasar ke jalan kampung, dengan lebar lebih dari tiga meter. “Sedangkan jalan kampung yang menggunakan paving harus tetap dipertahankan, karena terkait resapan air saat hujan,” ungkapnya.

PR lain yang dalam waktu dekat akan direalisasikan adalah pembangunan Islamic Centre dan Jembatan Kedung Kandang. Khusus dua proyek itu, Komisi C akan kembali menggelar hearing dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Khusus untuk proyek Jeking, kami menunggu ada putusan hukum inkrah,” tegasnya.

Sedang untuk mengatasi banjir yang selama ini melanda, terutama saat turun hujan, politisi Golkar itu juga mengingatkan agar pembangunan gorong-gorong diprioritaskan dengan cara yang terstruktur. Misalnya, jika gorong-gorong berbatasan antar kelurahan, maka harus dilakukan secara terintegrasi.

“Jangan sampai terpisah, karena berbatasan antar kelurahan lalu pembuatan gorong-gorongnya mandeg, ini yang nanti jadi masalah. Karenanya, pembangunan gorong-gorong harus disiapkan secara baik,” pungkasnya.