Recall Gara-gara Airbag Error, Honda Malang Malah Belum Tahu

0
103
Airbag yang berada di setir kemudi Honda sebagian bermasalah sehingga perlu diganti. (Fia)

MALANGVOICE – Honda Indonesia berencana melakukan recall untuk sekitar 367.014 unit kendaraannya. Kampanye pemanggilan mobil ini akan dimulai pada 21 Maret 2016 mendatang.

Kendati periode recall sudah semakin dekat, namun Honda Sukun mengaku belum mendapatkan informasi terkait rencana tersebut. Customer Care Officer Honda Sukun Malang, Nova Aldiar, mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan resmi terkait hal tersebut.

“Nggak ada pemberitahuan sampai saat ini. Kita recall terakhir di penghujung tahun lalu khusus untuk Honda Mobilio terkait pembaharuan software,” jelas Nova.

Dilansir dari berbagai sumber, Presiden Direktur Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida pada 11 Februari lalu telah secara resmi mengumumkan kampanye recall untuk beberapa model mobil Honda Indonesia, diantaranya Accord, Civic, City CR-V, Jazz dan Stream.

Pemanggilan ini merupakan langkah antisipatif Honda untuk menjamin keselamatan pengendara menyusul adanya isu airbag cacat buatan Takata dimana airbag inflator berpotensi over deployment (mengembang secara berlebih) yang justru akan membahayakan pengemudi dan penumpang depan saat terjadi kecelakaan.

“Pemilik kendaraan Honda yang di-recall akan mendapatkan fasilitas penggantian airbag gratis. Kampanye recall merupakan bagian dari program global yang dijalankan Honda Motor Co. Ltd untuk menjamin kualitas tertinggi untuk setiap produk yang dipasarkan di Indonesia,” jelas dia.