Realitas Pilkada, Rebut Suara Rakyat dengan Uang

0
69
Gatot Sudjito (fathul)

MALANGVOICE – Ketua DPD Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Jatim, Gatot Sudjito, secara terang-terangan menyebut, calon kepala daerah yang tidak berduit jangan harap menang.

Menurutnya, uang dalam politik (money politics) merupakan konsekuensi dari sistem politik demokrasi di Indonesia. Bila ingin menjaring suara masyarakat, kekuatan uang tidak diragukan.

“Lha sekarang mengumpulkan orang saja pasti yang ditanya dapat amplop nggak? Fakta, sekarang ini uang yang bisa merebut hati rakyat,” sambungnya.

Realitas kapital ini, tambahnya, selalu menjadi poin penting partai politik dalam menentukan calon kepala daerah yang akan diusung, termasuk menentukan partai koalisi. “Koalisi itu ada itung-itungan kapitalnya juga,” jelasnya.

MKGR sebagai sayap Ormas Partai Golkar, bakal mendukung penuh Partai Beringin untuk memenangkan Pilkada di beberapa daerah. Apalagi ada sekitar delapan daerah yang calon kepala daerahnya kader Golkar.

“Di Jatim ada 19 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, sebagian diikuti kader terbaik Golkar, seperti Gresik, Pasuruan Kota, Ponorogo, dan Sumenep. Target kami 60-70 persen menang,” tandasnya.