Rawan Ambles, Delapan Rumah di Junrejo Dikosongkan

0
35
Rumah warga yang bakal dievakuasi di Junrejo (fathul)

MALANGVOICE – Usai dilakukan pertemuan antara pemerintah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan warga, akhirnya dibuat kesepakatan mengosongkan delapan keluarga yang ada di delapan rumah RW 08 Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.

Empat rumah dari delapan ini sudah pernah mengalami tanah ambles. Sedangkan empat lainnya rawan karena masih ada di jalur tanah ambles. Pengungsian ini dilakukan sementara sampai aman.

“Kami sudah bicarakan dengan Pak Camat dan BPBD, langkah awal memang pembicaraan pengungsian warga ke keluarga lainnya. Itu yang paling aman,” jelas Kepala Desa Junrejo, Andi Faizal.

Bahkan, Kades menilai hampir 50 persen kondisi tanah di RW 08 Junrejo rawan tanah ambles. Termasuk sebagian rumah yang ada di Perumahan Wastu, tak jauh dari sana.

Kepala Pelaksana BPBD, Sasmito, menegaskan, pihaknya akan membantu warga mengevakuasi diri, termasuk membantu pengurukan. “Hari ini juga akan kami lakukan pengurukan, kebutuhannya berapa kami akan identifikasi dulu,” jelas Sasmito.

Tanah urukan sendiri akan diambilkan dari proyekan di Jalibar dan bekas pembuatan kolam di Block Office. Perkiraannya, tanah ini akan cukup untuk pengurukan.