Radang Tenggorokan Akut, Ini Gejala dan Cara Cepat Meredakannya

0
149
Rebus air panas (anja)
Rebus air panas (anja)

MALANGVOICE – Jika Anda pernah mengalami serak di tenggorokan dibarengi rasa sakit, mungkin itu gejala radang tenggorokan. Tapi, tahukah Anda, radang tenggorokan dibedakan jadi dua yaitu radang akut (kurang dari 3 minggu) dan radang kronis (lebih dari 3 minggu).

Menurut seorang dokter, dr Agus Rahman, radang akut biasanya datang mendadak karena infeksi dan lebih cepat reda dibanding radang kronis.

“Penyebabnya karena banyak ngomong atau teriak-teriak, alias penggunaan pita suara berlebihan. Terkena bakteri atau virus mbak. Polusi lingkungan juga bisa,” kata dia saat dihubungi MVoice.

Ia memaparkan lagi, beberapa tanda akan muncul jika seseorang mengalami radang tenggorokan akut. Adapun gejala yang biasanya muncul antara lain tenggorokan terasa sakit, suara menjadi serak, munculnya demam ringan, mengalami kesulitan saat bicara, dan kadang batuk berdahak.

Ia menyarankan, bila ingin radang tenggorokan cepat reda. Minum air hangat dengan campuran 1 sendok teh garam. Minum sekali dalam sehari.

“Air hangat dengan lemon juga bisa, mbak. Tanpa diobati biasanya sembuh dalam 7-9 hari. Tapi kalau minum ini, bisa lebih cepat sembuh, jadi tidak sampai menganggu aktivitas lain kan,” katanya.