Punjul Optimis LKPJ Selesai Malam Ini

0
33
Punjul Santoso
Punjul Santoso (fathul)

MALANGVOICE – Keterlambatan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kota Batu bakal ditebus malam ini. Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, yakin LKPJ akan selesai dengan harapan optimal.

“Kami telah menyusunnya sesempurna mungkin sehingga harapannya LKPJ dapat berjalan lancar. Sudah ada pembenahan-pembenahan yang diperlukan,” ungkap Punjul kepada MVoice, di Block Office Kota Batu, beberapa menit lalu.

Ia mengakui ada beberapa data yang tidak sinkron antar SKPD sebagaimana disampaikan dewan. Padahal keinginannya juga, data-data yang disajikan SKPD dalam dokumen LKPJ harus real time alias kondisi saat ini juga.

“Kemarin memang ada yang tidak sinkron, misalnya data di Dinas harus sesuai dengan data dari Statistik. Kan kita satu pemerintahan, jangan sampai terjadi data ganda,” papar Punjul.

Ditambahkan, data soal wajib sekolah misalnya perlu diperbaiki. Bagaimana jumlah siswa SMP dan SMA hingga lulusannya, usia kerja, dan ketersediaan lapangan kerja. Permintaan harus real time karena kondisi itu sudah dilakukan di tahun sebelumnya.

“Selain LKPJ nanti juga akan diparipurnakan dua Raperda yang sudah dikonsultasikan ke Kemdagri dan Kemkumham,” tandasnya.

Perlu diketahui, LKPJ harus disampaikan pemerintah ke masyarakat melalui anggota DPRD sebagai representasi masyarakat terkait kinerja Pemkot paling lambat bulan ketiga tiap tahunnya. LKPJ tahun ini merupakan pertanggungjawaban eksekutif dikurun waktu tahun 2015 lalu.