Punjul: Kekurangan Draft KUA-PPAS Bisa Berubah

0
22
Punjul Santoso (fathul)

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menanggapi santai kekecewaan Dewan soal KUA-PPAS. Ia beranggapan, pengajuan itu baru draft, masih bisa berubah.

“Di anggaran itu ada defisit Rp 79 miliar, asumsi tim anggaran dari sisa proyek dan macam-macam sebesar Rp 30 miliar sehingga tinggal Rp 49 miliar yang bisa ditutupi dengan pinjam dari Bank Jatim. Namun hal itu tidak akan ditempuh oleh Pemkot,” papar Punjul kepada wartawan.

Soal defisit, dijelaskan, karena tahun 2015 ini banyak program yang belum bisa dijalankan misalnya perencanaan infrastruktur, termasuk pembangunan GOR. Pada saat RAPBD 2016, ada kenaikan di pajak daerah, tapi diretribusi daerah ada penurunan.

Menurutnya, bila memang defisit justru tidak ada pengurangan target. Namun, saat ini defisit dan pendapatannya malah turun.

Ia membeberkan, retribusi parkir, tower, dan macam-macam turun hingga Rp 500 juta. Punjul mengakui hal itu tidak masuk akal sehingga akan diselaraskan lagi dengan dewan.

“Salah satu caranya misalnya, Kesbang untuk acara 10 November atau Sumpah Pemuda 28 Oktober, bisa tidak dianggarkan dulu. Jadi, realisasi anggarannya saat PAK tahun depan, ini untuk mengurangi defisit,” sambung Punjul.

Punjul menegaskan juka KUA-PPAS memang final defisit, dan nanti akan dibahas dengan dewan. Banggar nanti bila ada kritik dan saran sesuai data yang ada, akan dibahas bersama-sama.-