Puan Imbau Semua Universitas Sukseskan GNRM

0
68
Puan, seusai kuliah tamu. (anja)

MALANGVOICE – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, mengimbau semua universitas dan masyarakat berkomitmen mewujudkan GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental).

“Terutama bagaimana mengkonkretkan integritas dari semua orang, beretos kerja dan melakukan hal positif ke depan dengan dilakukan bersama-sama. Setiap universitas adalah wadah anak-anak Indonesia. Mereka adalah masa depan bangsa. Tak hanya kampus saja, mulai dari siswa SD harus tercipta karakter bangsa,” tandas Puan, seusai kuliah tamu di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, siang ini.

Puan saat kuliah tamu bersama Rektor UB, Prof Bisri. (anja)
Puan saat kuliah tamu bersama Rektor UB, Prof Bisri. (anja)

Dia menambahkan, contoh tindakan konkret demi kesuksesan GNRM adalah revitalisasi pendidikan vokasi. Saat ini sedang digodok dan dikeluarkan instruksi presiden berkaitan SMK oleh Mendikbud.

“Nantinya dibentuk SMK yang disinergikan dengan industri, sehingga begitu selesai, lulusan akan terjun ke Industri. Pendidikan vokasi juga akan bersinergi dengan universitas, sehingga terintregasi dengan industri dimana SDM itu dibutuhkan,” katanya.

Contoh lain peran konkret kampus adalah mengembangkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik bertema Revolusi Mental.

“Semua universitas saya sarankan mengembangkan program KKN tematik revolusi mental. KKN merupakan wadah mahasiswa untuk benar-benar terjun ke masyarakat dan memecahkan permasalahan sosial,” tutup Puan.