Psikologi Islam Gelar Kuliah Umum di UMM

0
70
Zainul Anwar (anja)

MALANGVOICE – Siang ini Fakultas Psikologi mengadakan kuliah tamu di Basement Dome Universitas Muhammadiyah Malang. Kuliah tamu berjudul ‘Tantangan dan Prospek Psikologi Islam’ itu menampilkan Dosen Fakultas Agama Islam Dr Nurhakim MAg.

Disampaikan, Psikologi Islam berusaha mengkaji keterkaitan Islam sebagai sebuah keyakinan yang bersifat Ilahiyah (ketuhanan), dengan ilmu Psikologi.

“Misalnya tawakal, ikhlas, sabar adalah salah satu konsep yang dipelajari dalam Psikologi Islam. Sabar dalam psikologi disebut juga dengan self-control. Jadi bukan sekedar kata-kata ‘sabar’ namun dalam Psikologi dijelaskan apa dan bagaimana sabar itu, ” terang Zainul Anwar, ketua panitia kuliah umum, kepada Mvoice, beberapa menit lalu.

Psikologi Islam dinilai punya potensi dan prospek yang baik.

“Meski kurang begitu diterima beberapa kalangan, ada harapan Psikologi Islam akan berkembang. Seperti ekonomi syariah, dulu kurang diterima masyarakat, sekarang semakin berkembang,” imbuhnya.

Selain itu, mahasiswa Psikologi diminta terus menerus mengkaji Psikologi dan kaitannya dengan Islam.

“Kelemahan sarjana Psikologi saat ini, mereka mengerti teori Psikologi tapi tidak mengerti dan paham akan Islam. Jadi mereka perlu belajar dengan ahli hadist, tafsir dan tokoh-tokoh agama Islam,” simpulnya.