Poster ‘Keberagaman’ Siswa Kota Malang Siap Memenangkan FLS2N

0
236
Dhimas dan Karlina saat menunjukkan hasil karya posternya (fathul)

MALANGVOICE – Dua siswa SMAN 3 Kota Malang ini nampak serius menggerakkan kursor laptopnya ke sana kemari. Sesekali kali mereka bicara dan bercanda, selebihnya hanya fokus ke laptop untuk membuat sebuah desain poster.

Mereka adalah Dhimas Aji S (16) dan Karlina Khairunnisaa (15), siswa kelas X SMAN 3 Kota Malang yang ikut pemusatan latihan di Hotel Purnama Kota Batu untuk persiapan mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Jawa Timur.

Tema yang diambil keduanya sama, yakni tentang keberagaman di Indonesia. Merea tampak yakin bahwa tema itu akan mampu menarik perhatian dewan juri sehingga dapat menjuarai perlombaan antar siswa itu.

“Saya sekarang membuat gambar beberapa model perbedaan di Indonesia, tapi masih umum. Rencananya akan saya spesifikkan lagi tapi masih membayang-bayangkan bagaimana bagusnya,” kata Dhimas sembari menunjukkan karyanya.

Biasaya, lanjut Dhimas, ia mendapatkan ide saat bersantai sambil mendengarkan musik. Ketika muncul ide desain yang keren, ia langsung menuangkannya dalam laptop. “Saya mulai mendesain sejak SMP,” lanjut siswa asal Klojen ini.

Berbeda dengan Karlina, gadis tomboi ini lebih sering mendapat ide ketika suasana sepi. Paling sering ia menemukan moment ketika hendak tidur malam.

“Saya inginnya menggambar dalam satu tubuh seseorang, ada beberapa karakter atau ciri khas dan aksesoris yang menggambarkan kebudayaan seluruh bangsa di Indonesia,” ujar gadis yang tinggal di Lowokwaru itu.

Mengenai tantangan saat mengikuti perlombaan seperti itu, Karlina maupun Dhimas punya pengalaman yang sama. Yakni membagi waktu antara belajar membuat poster lomba, belajar mata pelajaran, atau menjadi panitia dalam berbagai event yang diselenggarakan sekolah.

“Kita bagi waktu pokoknya, karena tugas sekolah juga banyak. Apalagi kita juga termasuk aktif di sekolahan, sampai ekskul juga ikut,” sambung Karlina.