Porong Banjir, Penumpang Jayabaya Terlambat 7,5 Jam

0
104
Penumpang sedang menunggu kedatangan bis di Stasiun Kota Baru (fia)

MALANGVOICE – Banjir di daerah Porong membuat kereta Jayabaya dan Bima tidak bisa melintas hingga ke Malang. PT KAI terpaksa mengalihkan moda transportasi kereta menjadi bus. Akibat pengalihan itu, jadwal tiba penumpang Jayabaya tadi malam yang seharusnya sampai Malang pukul 01.30 WIB molor menjadi pukul 09.00 WIB.

Wakil Kepala Stasion Kereta Api Kota Baru, Mardiono menjelaskan, kereta sempat menunggu selama tiga jam di Sidoarjo. Namun ketinggian air bukannya turun malah naik.

“Setelah tiga jam belum turun, malah cenderung naik. Akhirnya kita alihkan memakai bis dan kita beri service recovery,” kata dia.

Service recovery yang diberikan akibat keterlambatan kereta ada dua. Di Sidoarjo PT KAI memberikan snack, sedangkan sampai di stasiun Kota Baru, penumpang mendapat sarapan.

“Khusus Jayabaya ada 210 penumpang dari Jakarta, atau 30 persen dari kapasita Jayabaya.

Sama halnya dengan kedatangan penumpang, pemberangkatan KA Jayabaya dari Malang juga memakai bis dengan jadwal pemberangkatan yang disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kereta.

“Jadi bis akan menyesuaikan jadwal kereta. Jayabaya berangkat pukul 11.45 WIB. Mampir menjemput penumpang di titik stasiun yang dilewati meliputi Lawang, Sidoarjo, Gubeng, dan terakhir Pasar Turi kemudian dilanjutkan perjalanan kereta api ke Jakarta,” terang dia.