Populerkan Jajanan Lokal, Pemkot Batu Gelar Lomba Cipta Menu

0
33
Salah satu menu yang dipamerkan salah satu desa dalam lomba
Salah satu menu yang dipamerkan salah satu desa dalam lomba (fathul)

MALANGVOICE – Kantor Ketahanan Pangan menggelar lomba cipta menu se Kota Batu, khusus dari bahan-bahan yang bisa didapat dari kota dingin ini. Alasannya, agar bahan lokal bisa diberdayakan sehingga menambah ragam makanan.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Wiwik Nuryati, mengakui, belum ada rencana pemenang lomba kali ini akan dikirim ke tingkat Jawa Timur. Karena nanti lomba tingkat lebih tinggi ada kategorisasi tersendiri.

“Kalau jajanan ini khusus tradisional, bahannya juga harus bisa didapat di sini. Seperti kita lihat kan hasilnya luar biasa. Jadi lebih enak baik dari segi rasa maupun penampakannya,” ungkap Wiwik saat ditemui MVoice di sela-sela lomba, beberapa menit lalu.

Disinggung mengenai pemberdayaan jajanan lokal agar banyak dijual umum, Wiwik juga mengharapkannya demikian. Saat dilombakan, jajanan banyak yang bersifat inovatif dan enak. Namun hal itu tidak tampak saat dijual masyarakat sendiri.

“Karena itu dilomba ini kami tekankan untuk satu set jajanan tidak boleh lebih dari Rp 20 ribu, dan tiap satu jenisnya nggak boleh lebih dari Rp 2 ribu. Jadi memang sangat layak jual,” tandasnya.