Popo Tambah Koleksi Emas Jatim

0
102
Popo Ario Sejati disambut suporter Jatim ketika dipastikan mendapat emas. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Pebalap sepeda andalan Kota Malang, Popo Ario Sejati, menambah pundi-pundi medali bagi Jawa Timur (Jatim) pada ajang PON XIX/2016 di Jawa Barat (Jabar). Dia menyabet emas dari nomor downhill individual men elite.

Berlaga di arena downhill Cikule, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Popo membubuhkan catatan waktu tercepat, yakni 5 menit 54,935 detik. Atlet yang berkali-kali menorehkan prestasi tingkat internasional itu bangga mampu meruntuhkan dominasi tuan rumah, Jabar.

“Lawan terberat memang dari Jabar, selain itu Yogyakarta dan Jateng juga lumayan. Tapi dari awal saya sudah optimis dapat emas,” ungkapnya

Popo sendiri mendapat nomor start di urutan 9, dengan catatan waktu kualifikasi 6 menit 38,341detik. Dia sempat terjatuh saat sesi kualifikasi sehingga catatan waktu yang didapatkan tidak maksimal.

Di sesi final, Popo benar-benar menunjukkan tajinya. Ketika menggapai garis finish, dia langsung menduduki hot sheet, menggusur pebalap sepeda sebelumnya yang meraih catatan waktu terbaik.

Satu per satu pebalap sepeda lain mulai menyentuh garis finish, namun belum ada yang mampu menggeser Popo. Hingga total 18 atlet menyelesaikan lomba, catatan waktu Popo masih tak terkalahkan.

“Di detik terakhir cukup mendebarkan, karena salah satu pesaing tangguh, yakni Bagus Budi Setyawan memilih start paling akhir, memanfaatkan haknya sebagai pemilik catatan terbaik sesi kualifikasi,” tandasnya.