Polsek Ampelgading Ungkap Penipuan via Media Online

0
104
Tersangka CSP (istimewa)

MALANGVOICE-Modus kejahatan memanfaatkan media online sudah banyak diketahui. Tapi, masih saja bermunculan korban-korban yang berhasil diperdaya.

Kali ini tersangka CSP (26), beralamat di Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, nekad beraksi. Dan aksinya kali ini sebenarnya sudah yang kali kesekian, dan tak pernah terungkap. Dia memasang jerat di Facebook dengan akun berbeda-beda, bisa nama laki-laki, juga perempuan.

Korban terakhir berdomisili di Dusun Tirtomarto, wilayah Polsek Ampelgading Polres Malang. Namun kali ini CSP terkena batunya.

Sebut saja Suci (samaran), yang berhasil menghentikan sepak terjang CSP. Awalnya Suci terkecoh ketampanan dan sikap santun pelaku. Sehingga, setelah beberapa hari berkenalan, dia akhirnya kehilangan sepeda motor Beat miliknya.

Modus yang digunakan pelaku, setelah mengenal korban secara online, selanjutnya janji untuk copdar (copi darat) dan memasang jerat sesuai karakter korban. Bila calon korban wanita muda, dia bersikap tertarik ingin menikahi.

Dari pengakuan awal, CSP sudah kerap beraksi di berbagai TKP. Di wilayah Polres Batu terdata 7 TKP,  wilayah Kediri 1 TKP, sedang wilayah lain belum terdeteksi. Padahal pada 2014 dia sudah pernah menjalani hukuman di LP Lowokwaru dengan kasus yang sama. Tapi karena tidak memiliki pekerjaan tetap, dia selalu mengulang kejahatannya.

Terhadap Suci di Ampelgading ini CSP bernasib sial. Entah karena apa, CSP menghubungi Suci lagi lewat media yang sama, dan menyatakan penyesalannya karena telah menggadaikan motornya, lalu Suci pun membuat janji copdar dengan CSP.

Namun kali ini Suci tidak sendiri.  Dia diikuti petugas dari Polsek Ampelgading, dan akhirnya pada Sabtu, 17 September lalu, tanpa perlawanan, pemuda bertatto di lengan dan kakinya itupun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum.

Kapolsek Ampelgading, AKP Achmad Sueb, mengatakan, beberapa Polsek di wilayah Polres Batu telah melakukan koordinasi terkait kasus CSP selama ini. Tidak tertutup kemungkinan ada korban lain yang belum melapor. Dia berharap, dengan tertangkapnya CSP ini tidak muncul lagi korban dengan modus sejenis.