Plengsengan Ambrol, Rumah di Sigura-gura Ambruk ke Sungai

0
87
Bangunan di Perum Golden House Jalan Sigura-gura Kota Malang. (Muhammad Choirul)
Bangunan di Perum Golden House Jalan Sigura-gura Kota Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Hujan deras yang menguyur Kota Malang pada Sabtu (26/11) kemarin, ternyata juga berdampak pada ambruknya satu unit rumah di Perum Golden House, Jalan Sigura-gura, Kota Malang.

Pantauan MVoice pada Minggu (27/11) siang, reruntuhan bangunan belum dievakuasi. Berbagai material masih memenuhi sepadan sungai yang merupakan anak Sungai Metro ini.

Menurut kesaksian beberapa warga, sebenarnya kerentanan kekuatan bangunan sudah mengkhawatirkan sejak beberapa pekan lalu. “Plengsengan sudah sedikit ambles ketika hujan deras tiga minggu lalu, tapi baru ambrol dan meruntuhkan rumah ini saat hujan kemarin (26/11) petang,” kata Suwandi, petugas keamanan setempat.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat insiden ini. Rumah yang beralamat lengkap di Perum Golden House No 11, Jalan Sigura-gura gang VI itu sudah lama tidak ditempati pemiliknya, Irwanto.

“Rumah itu milik Pak Irwanto. Sempat dikontrakkan, tapi sudah sekitar setahun tidak ditinggali. Tadinya mau direnovasi untuk dibikin kos-kosan, tapi ternyata ambruk,” urai Suwandi.