Plant It!, Game Edukatif Sadar Lingkungan Karya Mahasiswa Filkom UB

0
125
Plant It (anja)
Plant It (anja)

MALANGVOICE – Plant It!, game yang bertujuan mengedukasi siswa sekolah dasar (SD) tentang lingkungan hidup, diprakarsai empat mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2015 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya/Filkom UB.

Mapel, begitu nama tim mereka, beranggotakan Muhammad Ulul Albab Iryanto, Ammar Burhanuddin Sayuti, Rizky Novriansyah dan Labina Kirby.

“Mengingat pengetahuan tentang lingkungan hidup masih kurang di kalangan masyarakat, kami memilih aplikasi game ini,” kata Ammar.

Ammar menjelaskan, Plant It! dapat dioperasikan dengan baik pada smartphone berbasis 4.0 Android atau versi terbaru.

Dibuat dengan mengkombinasikan permainan puzzle dan tanya jawab, Plant It! bisa membuat pengguna bermain dan belajar sekaligus tentang lingkungan hidup secara menyenangkan.

Aturan cara bermain Plant It! mudah. Untuk menyelesaikan permainan, pemain harus menanam “seed” atau benih pada wadah yang disediakan dalam batasan waktu tertentu.

Pada awal permainan pemain akan mendapat tiga hati dan batasan waktu menyelesaikan permainan yang berbeda di tiap levelnya.

Begitu waktu permainan dimulai pemain akan mendapat sebuah kartu yang berisi pertanyaan tentang lingkungan hidup tingkat sekolah dasar untuk mendapatkan alat yang akan membantu pemain untuk menang dalam permainan.

Jika salah dalam menjawab pertanyaan, maka pemain akan kehilangan hati dan kartu soal akan ditukar dengan soal baru. Apabila hati pemain dan waktu yang diberikan habis maka permainan akan selesai.

Sementara jika berhasil menjawab pertanyaan, pemain akan mendapatkan alat yang berguna untuk membantu “seed” tertanam pada wadah.

Lalu pemain dapat menekan tombol play untuk menjalankan “seed” agar tertanam. Jika pemain menyentuh rumput, posisi alat yang sudah digeser oleh pemain akan direset dan posisi biji akan kembali seperti awal permainan.

Proses pembuatan game memakan waktu satu bulan. Tiga minggu digunakan untuk menyelesaikan rancangan 10 level game dan 1 minggu pembuatan game dan pencarian bug.

Selama satu bulan tersebut keempatnya mengaku aktif melakukan bimbingan di bawah Laboratorium Game Filkom UB.

Meski masih dalam rencana untuk terus dikembangkan hingga siap diluncurkan di google play, “Plant It!” telah berhasil membawa Ammar beserta timnya memperoleh penghargaan Juara 1 untuk Inovasi kategori Software pada ajang Blue Techno Festival di Bandung, Februari 2016 lalu.

Dalam kompetisi tersebut tim MAPEL berhasil menyisihkan 26 tim lainnya yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia antara lain dari UMY, ITS, Universitas Sriwijaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Trisakti dan Telkom University.

“Kami otomatis senang dan bangga atas usaha yang telah kami lalui karena ini kompetisi pertama dan menjadi juara juga. Terima kasih karena kampus sangat mendukung kami mengikuti perlombaan ini,” kata dia