Pimpin Apel, Anton: Lansia Punya Hak Kehidupan Bernegara yang Sama

0
32
Wali Kota Malang, HM Anton, memimpin apel peringatan Hari Lanjut Usia Nasional. (Bagian Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang, HM Anton, memimpin apel peringatan Hari Lanjut Usia Nasional. (Bagian Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, Moch Anton menegaskan jika para lansia memiliki hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini dipaparkan saat apel dan senam bersama dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2017 di Lapangan Rampal, Minggu (12/8).

Abah Anton menuturkan jika pelayanan publik, layanan keagamaan, kesehatan dan sebagainya kepada lansia harus menjadi prioritas utama. Itu tak lain merupakan bentuk penghormatan kepada mereka yang sudah dalam usia lanjut.

“Pada dasarnya para lansia memiliki hak yang sama dengan warga lain di berbagai bidang termasuk di dalamnya adalah layanan publik,” kata Anton dalam keterangan pers yang diterima MVoice.

Dalam kegiatan apel yang juga di hadiri Wakil Walikota Malang Sutiaji dan Dandim 0833 Letkol (Inf) Nurul Yaqin, Abah Anton juga mengingatkan jika para lansia juga mempunyai kewajiban bermasyarakat seperti membimbing dan memberikan nasehat secara bijaksana berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dialaminya.

“Transformasi pengetahuan, pengalaman hingga keahlian dan ketrampilan kepada generasi penerus adalah hal yang baik untuk dilakukan,” tukasnya.

Pemerintah Kota Malang, lanjut Anton, terus melaksanakan tugas dalam memberi arahan, membimbing dan menciptakan suasana yang menunjang bagi terlaksananya upaya peningkatan kesejahteraan para warga lanjut usia.

“Berbagai program untuk lansia terus akan kita lakukan,” tandas Anton. Berdasarkan data, penduduk Indonesia yang berusia di atas 60 tahun diperkirakan akan meningkat sebanyak 80 juta pada tahun 2030 atau mengalami kenaikan sebesar 24 persen.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yunus Zakaria