Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo, Menginspirasi Wali Kota HM Anton

0
94
Wali Kota Malang, HM Anton
Wali Kota Malang, HM Anton

MALANGVOICE – Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo yang disaksikan langsung dalam rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Malang, membawa pencerahan, pengarahan sekaligus inspirasi bagi Wali Kota Malang, HM Anton.

Salah satu hal penting yang menjadi sorotan Anton, adalah mengenai efisiensi anggaran agar pembangunan bisa merata dan dirasakan nyata oleh masyarakat.

“Kiat bapak presiden menumbuhkan ekonomi nasional dan pembangunan secara simultan ini sangat baik, termasuk di dalamnya adalah efisiensi anggaran menjadi pemikiran kita bersama dalam mengelola daerah,” kata Anton, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan, aplikasi efisiensi anggaran bisa dilakukan dengan mengarahkan program kepada arah pembangunan, sehingga jika ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengajukan program abu-abu tanpa rencana kerja yang jelas, maka wali kota akan segera mencoretnya.

“Ada nilai manfaat dari sebuah anggaran. Itu yang penting,” tukasnya.

Selama ini, kata Anton, pemerintah sudah berupaya melakukan efisiensi di bidang pembangunan dengan menggandeng perusahaan agar mengeluarkan dana Corporate Social Respobsibility (CSR). Buktinya, beberapa taman sudah dibangun tanpa menyentuh APBD sama sekali, dan hal itu akan terus digali Pemkot Malang, sehingga arahan efisiensi bisa maksimal.

“Harapan kami dengan efisiensi ini, visi Malang Kota Bermartabat bisa terealisasi dengan baik,” pungkasnya.