Piala Bhayangkara, Arema Ungguli BUP 2-1

0
41
Hendro Siswanto (istimewa)

MALANGVOICE – Arema Cronus unggul 2-1 dari tuan rumah Bali United Pusam (BUP), di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, malam ini. Dua gol untuk Arema diciptakan Cristian Gonzales di menit 24 dan 44, sedangkan gol balasan dilesakkan Fadil Sausu di menit 52.

Awal babak, dua tim langsung menerapkan permainan terbuka. Menit 4, Arema dapat peluang emas di bibir gawang BUP dari umpan sepakan pojok Lopicic salah antisipasi oleh Vizcarra dan Hamka Hamzah, namun bola terbuang percuma.

Pertandingan berlanjut, Kiko Insa jadi benteng pertahanan kokoh BUP. Beberapa kali umpan lambung dan tendanfan pemain Singo Edan selalu dipotong.

Menit 10, penetrasi Dendy Santoso dari sisi kanan BUP berhasil melewati dua pemain tuan rumah. Namun, bola disisihkan bek sebelum diumpan ke dalam kotak penalti.

Di menit 23, Syakir Sulaiman hampir mencetak gol seandainya bola sepakan dari luar kotak penalti tidak membentur mistar gawang Kurnia Meiga. Bola liar segera dihalau bek Arema. Skor masih 0-0.

Menit 24, BUP mendapat petaka, kiper M Dicky diganjar kartu merah oleh wasit karena melanggar Gonzales yang sempat mengecoh sebelum dijatuhkan kiper. Wasit lantas menunjuk titik putih. Gonzales yang bertindak sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Kiper pengganti, Rully, tak mampu mencegah bola hasil sepakan kaki kiri El Loco yang menembus jala BUP. Arema memimpin 1-0 atas BUP.

Gol Gonzales membuat pemain Arema semakin percaya diri. Permainan dari kaki ke kaki diperagakan lini tengah Singo Edan yang lebih banyak menguasai bola.

Sebelum turun minum, Gonzales lagi-lagi mencetak gol. Kali ini dari sundulan kepala hasil umpan lambung Dendy dan mengalahkan duel lawan Kiko Insa. Gol itu mengubah skor 2-0 bagi Arema hingga babak pertama usai.

Masuk babak ke dua, masing-masing tim saling putar strategi. BUP masih ingin mengejar dua gol ketertinggalan sementara Arema berupaya mempertahankan keunggulan.

BUP akhirnya memperkecil kedudukan setelah Fadil Sausu mencetak gol di menit 52. Sepakan kaki kiri terukur gagal diblok Kurnia Meiga. Skor berubah 2-1.

Pertandingan berlanjut cepat dan menjurus kasar. Wasit Thoriq sering memberikan kartu kuning pada pemain Arema dan BUP, karena pelanggaran.

Di menit 67, Fadil menggertak gawang Arema. Aksi melewati bek Singo Edan, sayangnya tak mampu diselesaikan dengan baik. Bola melambung tinggi di atas mistar gawang Meiga.

Pada menit 76, dua tim sama-sama diperkuat 10 pemain, setelah kapten Arema, Hamka Hamzah, diusir wasit lantaran melanggar keras pemain lawan. Kesempatan itu dimanfaatkan Sukadana Cs untuk menyerang ke jantung pertahanan Arema.

Namun, solidnya lini pertahanan yang dikawal Goran Gancev, tak mampu ditembus Escobar. Hingga pertandingan usai, Arema unggul 2-1. Hasil itu jadi modal penting melakoni laga selanjutnya di Piala Bhayangkara.