PHRI Rumuskan Cara Gaet Wisatawan ke Kota Batu

0
32
Pertemuan bulanan anggota PHRI di Hotel Aster Kota Batu
Pertemuan bulanan anggota PHRI di Hotel Aster Kota Batu (fathul)

MALANGVOICE – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu merumuskan cara agar wisatawan meningkat. Karena meningkatnya wisatawan akan meningkatkan pula omzet yang dihasilkan hotel dan restoran.

Sekretaris PHRI, Sugeng Haryanto, mengatakan, pihaknya selalu berkumpul tiap bulan untuk membahas persoalan terbaru. Sehingga hotel dan restoran di Kota Batu selalu up to date, apalagi kota dingin ini sudah menjadi destinasi wisata yang populer.

Pertemuan bulanan anggota PHRI di Hotel Aster Kota Batu
Pertemuan bulanan anggota PHRI di Hotel Aster Kota Batu (fathul)

“Kami akan meningkatkan kualitas pelayanan masing-masing hotel. Itu salah satu yang kita bicarakan dalam pertemuan. Sehingga pelanggan yang bermalam di sini nyaman dan kerasan,” ungkap Sugeng, kepada MVoice melalui selulernya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kerja sama yang lebih intensif antar anggota PHRI. Karena sinergi antar hotel dan restoran juga dapat membawa keuntungan sendiri.

“Penting juga, anggota PHRI menjual obyek wisata di luar Batu. Misalnya, menawarkan destinasi Bromo, Gunung Kelud, juga Pantai Selatan. Sehingga wisatawan bisa bermalam di Kota Batu lebih lama, yang pada akhirnya meramaikan usaha di sini,” tambahnya.

Sugeng tidak menampik, pelatihan juga masih sangat dibutuhkan bahkan oleh para manager perhotelan dan restoran. Pelatihan ini bisa berupa ‘service exellent’ sehingga pelayanan yang ditawarkan bisa berkelas.

“Dalam pembahasan tadi juga ada ide mendatang kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition, red) skala nasional ke Batu. Tentu hal ini akan meningkatkan tamu dan keuntungan,” tambah Sugeng.

Mengenai rencana Dinas Pariwisata yang akan membuat rentetan agenda besar pada Bulan April hingga Mei, PHRI juga akan menyiapkan beberapa paket wisata. Ini semua untuk menarik wisatawan agar datang ke Kota Batu.