Operasi Pekat Semeru 2017

Petugas Amankan 3 Pasangan Diduga Mesum di Songgoriti

0
23712
Sepasang muda-mudi diduga berbuat asusila diamankan petugas gabungan, Polres Batu, Satpol PP dan TNI dari kawasan Villa Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Minggu dini hari (28/5). (ist)

MALANGVOICE – Sejumlah 130 personel gabungan, Polres Batu, Satpol PP Kota Batu dan TNI, Sabtu malam (27/5) menggelar operasi di kawasan Kota Batu. Hasilnya, 3 pasangan diduga mesum alias asusila diamankan di kawasan Gang Macan Songgoriti. Petugas juga menyita 3 botol minuman keras (miras) di sebuah warung di kawasan Kali Lanang.

Tigas pasangan diduga bukan pasangan suami-istri sah tersebut, diantaranya, pasangan inisial EJ, 28, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dan CT, 19, warga Kasembon Kabupaten Malang.

Ratusan personel gabungan dalam Operasi Pekat Semeru 2017 mendapat arahan dari Waka Polres Batu Kompol Nurmala, Sabtu malam (27/5)

Pasangan inisial FR, 24, warga Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo dan Suhartatik, 23, warga Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Lalu pasangan ketiga yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, yakni RU, 19, warga Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar dan SP, 20, warga Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Sedangkan operasi yang menyasar kawasan Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, petugas mengamankan 3 botol minuman keras. Barang tersebut disita dari pemilik warung berinisial Is, 41, warga Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.

Kabag Ops Polres Batu, Kompol Zein Mawardi mengatakan, ketiga pasangan tersebut diamankan karena diduga berbuat asusila tanpa ada ikatan suami-istri yang sah.
Kepada mereka selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan jika terbukti akan diproses sesuai hukum yang berlaku. ”Sedangkan untuk penjual miras tanpa izin resmi akan dilakukan tipiring (tindak pidana ringan),” kata Zein.

Operasi Pekat Semaru 2017, lanjut Zein, dilakukan awal Ramadhan ini guna menjaga dan menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Batu khususnya. Sasaran operasi yakni pengecekan dan penertiban tempat hiburan malam, dan patroli di titik rawan kriminalitas.

”Malam ini, operasi dibagai tiga kelompok. Kelompok pertama dengan sasaran kawasan Songgoriti, Kedua kawasan Jalibar dan tempat karaoke, dan kelompok tiga, di kawasan Kali Lanang, payung dan paralayang,” beber mantan Kapolsek Dau ini.

”Operasi serupa akan terus dilakukan selama Ramadhan dan Idul Fitri,” imbuhnya.