Peserta BPJS Ketenagakerjaan Malang Tumbuh 30 Ribu

0
22
Peserta BPJS Ketenagakerjaan tahun ini tumbuh 30 ribu (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Sepanjang tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan Malang mengalami pertumbuhan kepesertaan baru, sekitar 30 hingga 40 ribu peserta. Kendati jumlahnya cukup besar, namun ternyata angka tersebut masih belum mencapai target tahun ini yang dipasang sebesar 50 ribu.

“Target kepesertaan baru untuk tahun ini sebesar 50 ribu, namun baru tercapai sekitar 85 persen saja,” jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Malang, Sri Subekti.

Ia mengatakan, peserta baru datang dari berbagai sektor, mulai dari perusahaan industri besar, sedang, kecil, hingga mikro serta golongan Bukan Penerima Upah (BPU). Adapun golongan yang termasuk BPU misalnya nelayan, petani,
dan pedagang.

“Untuk BPU jumlahnya cukup lumayan, sekitar 4000 orang,” kata dia.

Ia menambahkan, pencapaian peserta hingga lebih dari 30 ribu tersebut salah satunya didorong oleh kebijakan pemerintah yang mewajibkan semua perusahaan untuk terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

“Harusnya, sehari perusahaan berdiri, sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Berapapun jumlah karyawannya, bahkan satu karyawan pun sudah wajib diikutsertakan,” tegas dia.

Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa produk jaminan tenaga kerja, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan terbaru adalah Jaminan Pensiun.