Persiapan Studi ke Luar Negeri, Dosen UM Digenjot Bahasa Inggris

0
256
Nabhan Choiron, Dosen FS UM (anja)
Nabhan Choiron, Dosen FS UM (anja)

MALANGVOICE – Kompetensi bahasa Inggris wajib dikuasai bagi mereka yang hendak melanjutkan studi ke luar negeri. Universitas Negeri Malang (UM) ditunjuk Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada para dosen yang akan menempuh studi lanjut di luar negeri.

Kegiatan Pre-Test bahasa dilaksanakan hari ini, di Aula Aula Fakultas Sastra UM, Gedung E6. Peserta terdiri dari tiga puluh delapan dosen dari berbagai universitas di Indonesia yang dilakukan secara acak.

Pengelola Pre-Departure English Course (PDEC) UM, Nabhan Fuad Choiron SS MA mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan merupakan dosen perguruan tinggi dari wilayah Sumatra, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk para dosen di wilayah Jawa Timur akan menempuh pelatihan di wilayah Jawa Barat.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan ke depan, sampai 22 Januari 2016. Latihan lima kali seminggu, dimulai pukul 07.00-15.00 WIB. Materi yang akan diajarkan meliputi empat kompetensi yaitu listening, speaking, reading, dan writing,” paparnya beberapa menit lalu.

Lebih lanjut, Dosen Sastra Inggris Fakultas Sastra UM ini menambahkan, selain kompetensi empat biang diatas, para peserta juga akan dibekali academic and social orientation (ASO) sebagai bekal para peserta menempuh studi di luar negeri.

“Diharapkan rentang skor tes IELTS (Tes Bahasa Inggris Internasional) dapat mencapai 6,0 – 6,5. Karena biasanya perguruan tinggi di luar negeri memiliki passing grades 5,5 ke atas,” tutupnya.