Perkumpulan Kucing Domestik Indonesia, dari Rescue Hingga Adopsi

0
261
Kumpul di Jalan Ijen
Kumpul di Jalan Ijen

MALANGVOICE – Perkumpulan Kucing Domestik Indonesia (PKDI) adalah wadah bagi Pecinta kucing kampung maupun kucing lokal diseluruh Indonesia. Kucing Domestik didefinisikan kucing yang lahir dan tinggal di Indonesia berbulu panjang atau pendek .

Komunitas ini punya chapter di Malang dan untuk mewujudkan fungsi dan tujuan, komunitas ini punya program menarik yang tujuannya menyelamatkan kucing domestik liar dan juga peliharaan.

Yang pertama adalah program sterilisasi. Program ini diperuntukkan bagi kucing-kucing yang tidak bertuan, kucing-kucing yang mutu genetiknya jelek, kucing yang memang atas permintaan pemilik untuk disteril.

Program dilaksanakan tahunan dan dilakukan dengan dua cara yaitu kastrasi untuk kucing jantan. Katrasi yang ideal diperuntukkan pada kucing jantan dengan umur 7-9 (tujuh sampai sembilan) bulan dengan cara mengambil kedua testis.

Selanjutnya sterilisasi berupa Ovariohysterectomy untuk kucing betina. Cara ini ideal dilakukan pada betina usia 7-10 (tujuh sampai sepuluh) bulan. Teknis dilakukan dengan cara membedah perut dan mengambil kandungannya.

Adapula program medikasi. Medikasi adalah program pengobatan dasar bagi kucing domestik secara kontinyu meliputi pengobatan cacing dan pemberian vitamin serta vaksinasi.

Selanjutnya adalah program edukasi. Yaitu program asosiasi bagi anggotanya secara kontinyu dengan topik seputar perawatan kucing, penyakit kucing, untungnya memelihara kucing, ruginya memelihara kucing dan lain-lain.

Strategi edukasi terutama diperuntukkan kepada anak-anak Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Edukasi dalam bentuk penyuluhan bisa dilakukan dengan kelurahan-kelurahan di wilayah Indonesia. Sodialisasi dan informasi selalu digemakan untuk memberikan wawasan bagi masyarakat luas mengenai kucing domestik.

Asosiasi ini juga menerima adopsi kucing dan suntik euthanasia bagi kucing yang sakit tidak bisa disembuhkan dan tua/lumpuh.