Peringati Sumpah Pemuda, HMI Orasi di Gedung DPRD Kota Malang

0
16
HMI Cabang Malang menggelar orasi dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda. (Muhammad Choirul)
HMI Cabang Malang menggelar orasi dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang menggelar orasi kepemudaan, Kamis (27/10) malam. Bertempat di depan Gedung DPRD Kota Malang, helatan ini terlaksana dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh 28 Oktober 2016.

Sejumlah mahasiswa secara bergantian berorasi dan menampilkan beberapa pembacaan puisi. Ketua Umum HMI Cabang Malang, Harianto, menuturkan, selain orasi kepemudaan ini, sebelumnya juga dilaksanakan lomba karya tulis ilmiah dan pelatihan orasi.

“Kita perlu merefleksikan Sumpah Pemuda ini sebagai momen pemuda untuk bersatu. Spirit satu tanah air harus benar-benar diresapi untuk menghadapi tantangan bangsa ke depan,” ungkapnya.

Melalui orasi kepemudaan, lanjutnya, diharapkan tercipta perenungan bersama demi menjaga semangat Sumpah Pemuda. Menurut Harianto, kepedulian pemuda saat ini harus ditunjukkan melalui aktivitas positif.

“Kontribusi kita amat diperlukan agar Indonesia mampu bersaing, terutama memasuki MEA ini, pemuda harus berperan di segala lini dalam kehidupan berbangsa,” tegasnya.

Pada orasi ini, beberapa puisi karya Taufik Ismail, Wiji Tukul, WS Rendra, dan Zawawi Imron dibacakan. Selain itu, penampilan musik dari LSMI juga melengkapi orasi kepemudaan dengan lantunan lagu di antaranya berjudul Buruh Tani dan Indonesia Pusaka.