Peringati Hari Sampah, ‘Asli Malang’ Tak Mau Berdiam Diri

0
61
Komuninitas Asli Malang tengah beraksi.(anja)

MALANGVOICE – Memperingati Hari Sampah, Komunitas Peduli Malang (Asli Malang) tak mau berdiam diri. Mereka ikut melakukan aksi konkret dengan bersih-bersih sampah di kawasan Taman Kunang-Kunang, Jalan Simpang Ijen, demi mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020.

“Kebiasaan masyarakat yang yang kurang peduli dengan sampah banyak menimbulkan prmasalahan. Karena itu, kami sebagai bagian masyarakat, merasa berkewajiban memberikan penyadartahuan akan budaya ‘nyampah’ (bersih-bersih sampah) yang baik, dan pengurangan sampah, serta daur ulang sampah,” kata ketua pelaksana, Eko Budianto.

peduli malangBebas Sampah merupakan aksi kerja bakti nasional yang digelar tiap tahun, dilakukan secara serentak di Indonesia.

“Kegiatan ini sifatnya free campaign, dengan aksi pungut sampah yang dimulai dari titik car free day Jalan Ijen, seputaran Jalan Simpang Ijen, Taman Kunang-Kunang, dan seputaran Jalan Veteran,” tambahnya.

Selain itu, ada diskusi dan pertunjukan kesenian dari beberapa komunitas. Setidaknya ada 30 komunitas turut hadir berpartisipasi, seperti Komunitas Anak Sungai, Gimbal Alas, Omah Sinau Utami, Kampung Cempluk dan sebagainya