Peringati Hari Pahlawan, Unikama Gelar Dialog dengan Pelaku Sejarah

0
103

MALANGVOICE-Berangkat dari pemikiran untuk menciptakan suasana dialogis antara para pelaku sejarah dengan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, 10 November, Unikama merealisasikannya dalam acara bertajuk ‘Pahlawanku Idolaku’.

Berdasar rilis yang dikirim ke MVoice, pada 9 November pukul 19.00, acara dibuka dengan sarasehan bersama para pelaku sejarah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, bertempat di halaman tengah Kampus Unikama, dimeriahkan kelompok musik keroncong dan sajian kuliner tempo doeloe.

Pada hari H 10 November, pukul 06.45, dilakukan upacara peringatan Hari Pahlawan, diikuti seluruh civitas akademika, bekerjasama dengan masyarakat sekitar kampus.
Selanjutnya digelar persembahan fragmen kepahlawanan, didukung 250 anggota Teater Satrasia Unikama.

Fragmen kepahlawanan ini dibuat berdasar peristiwa perobekan bendera Belanda (merah- putih-biru) menjadi bendera merah-putih saja (bendera Indonesia).

Untuk kisah kepahlawanannya, menurut pimpinan produksi, Darmanto, disusun berdasarkan wawancara dengan Soenarto Djojodihardjo, pelaku sejarah dan anggota TRIP ( Tentara Republik Indonesia Pelajar).

Fragmen untuk tahun ini dikomandani Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Universitas Kanjuruhan Malang, Erik Teguh Prakosa, pimpinan produksi Darmanto, dan sutradara Eko Urip Mulyanto.

Cara memperingati Hari Pahlawan yang seperti ini, tambah Darmanto, diupayakan menjadi tradisi tahunan, meski sebenarnya sudah dilakukan sejak 2005 lalu.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makan Pahlawan TRIP, secara konvoi, berangkat dari Kampus Unikama, mulai pukul 08.30 – selesai.