Periksa Senpi, Kapolres : Bawa Senjata, Menembak Harus Akurat

0
70
Kapolres saat memeriksa Senpi anggota di maskas (fathul)

MALANGVOICE – Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata, kembali memeriksa 80 senjata api milik anggota. Pemeriksaan rutin dilakukan untuk mengetahui kondisi senjata api, serta menjaga penggunaannya.

“Kami juga akan melakukan latihan bersama, sehingga kemampuan menembak anggota terlatih. Jangan hanya bawa senpi tapi gak bisa nembak. Ibarat ada lingkaran itu, harus tepat di sana,” ungkap Kapolres kepada MVoice.

Seharusnya, senjata api yang diperiksa berjumlah 100 unit. Namun 20 unit lainnya masih dibawa anggota sehingga pemeriksaan hanya dilakukan pada 80 yang sudah terkumpul.

“Kami tetap menunggu 20 sisanya hari ini, harus hari ini. Tapi kami maklum karena mereka juga sedang bertugas pengamanan, jadi kami beri toleransi,” imbuhnya.

Ditambahkan, pelaksanaan pemeriksaan Senpi sebenarnya rutin dilakukan. Namun kali ini merupakan perintah Kapolri ke seluruh Polda hingga Polres. Sehingga pihaknya juga menggelar pemeriksaan.

“Sebenarnya tidak dalam rangka apa-apa, tapi untuk menjaga keamanan, penyalahgunaan senjata api, dan menghindari penggunaannya yang tidak benar,” tambahnya.

Ia menghimbau kepada anggotanya, apabila tidak kuat membawa senjata api karena ada masalah baik internal maupun eksternal, agar dikembalikan. Karena penggunaan senpi dijaga ketat sesuai dengan standar operasional prosedurnya.