Percantik Taman Jeru, Disbudpar Siap Gelontor Rp 1,3 Miliar

0
122
Tanam Buah dan Burung Jeru yang saat ini kondisinya memprihatinkan karena tidak terurus.

MALANGVOICE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang segera melakukan pembenahan objek wisata taman buah dan taman burung yang berada di Jeru, Tumpang.

Rencananya, objek wisata yang saat ini tidak terurus itu akan direvitalisasi menjadi arboretum berkonsep wisata edukasi.

“Rencananya ada tanaman-tanaman langka yang akan dikembangkan di sana. Revitalisasi ini bagian dari program kerja 100 hari bupati baru,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara.

Made melanjutkan, Disbudpar akan menggelontorkan dana sebesar kurang lebih Rp 1,3 miliar. Untuk menyukseskan revitalisasi tersebut, Disbudpar juga berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan dan juga LIPI.

“Jadi arboretum itu selain berisi tanaman-tanaman langka, juga ada wahana permainan anak,” imbuh dia.

Made melanjutkan, revitalisasi taman Jeru tersebut merupakan langkah untuk memperkuat sirip wisata wilayah timur yang merupakan kawasan strategis nasional.

Di tahun ini, kawasan tersebut akan diperkuat dengan konsep agrowisata. Saat ini, revitalisasi tersebut masih dalam perencanaan dan selanjutnya dilakukan lelang dan launching.

“Rencana launching pembangunan Mei mendatang, kemungkinan dari kementerian juga akan kita undang,” jelasnya.