Percantik Ngliyep, Disbudpar Siapkan Rp 1,3 Miliar

0
35
Ngliyep dengan gapura Gunung Kombang. (istimewa)

MALANGVOICE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang menyiapkan dana Rp 1,3 miliar untuk revitalisasi pantai Ngliyep yang berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menjelaskan, revitalisasi yang akan dilakukan antara lain perbaikan pendopo, kios pedagang, sarana MCK, taman dan pembuatan photo booth.

“Target pengerjaannya 6 bulan, untuk peletakan batu pertama dilakukan 24 April mendatang,” kata Made.

Ia menjelaskan, revitalisasi tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan volume wisatawan. Ngliyep dipilih karena dari beberapa pantai di sepanjang Kabupaten Malang, yang berstatus milik pemerintah daerah hanya Balekambang dan Ngliyep.

“Harapannya, setelah dilakukan revitalisasi, angka kunjungan bisa tinggi seperti di Balekambang,” ucapnya.

Apalagi, Ngliyep sendiri juga sudah memiliki agenda budaya yang masuk dalam kalender wisata tahunan yaitu petik laut yang biasanya mampu menarik animo warga maupun wisatawan.

“Jadi wisatawan ada alternatif wisata baru di pantai selain Balekambang. Untuk revitalisasi sendiri, kita menggandeng SKPD terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM untuk pedagang, dan juga BLH,” tukas dia.